Sabtu, 02 April 2016

SEBANGSA

Semakin berkembangnya teknologi, kini menjadikan anak-anak Bangsa Indonesia tergugah untuk menciptakan hasil karya yang bermanfaat. Tidak hanya permainan yang telah diciptakan oleh anak-anak bangsa yang mampu menembus google play store dengan game Jokowi GO yang telah dahulu masuk dalam platform Android. Kali ini Aplikasi Sebangsa sebagai hasil karya anak Bangsa Indonesia juga berhasil menyusul kesuksesan game Jokowi GO dalam Android. 
Didirikan dengan misi untuk berbagi dan membangun Indonesia bersama-sama lewat teknologi digital. Kami melihat bahwa perkembangan teknologi digital sangatlah pesat beberapa tahun ke belakang ini dan memiliki dampak yang luas di masyarakat, dari sosial, ekonomi, informasi, pendidikan, kesehatan hingga politik.
Kami sadar bahwa perkembangan ini haruslah memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kita sebagai individu, warga negara, konsumen dan bagian dari grup dimana kita berada, terutama di negara dimana kita bersama hidup.
Kami percaya bahwa sumbangsih teknologi digital untuk bangsa ini kedepan masih akan lebih besar lagi, dan kami berniat untuk mewujudkannya, menjadi bagian dari gerakan menuju perubahan ini. Sebangsa, sebagai sebuah jejaring sosial lokal di mobile platform menyambungkan keinginan kita untuk, bukan saja, berbagi dan berinteraksi, tapi juga melakukan sesuatu dengan hasil nyata di dunia nyata.
Sebuah aplikasi biasanya dibuat untuk dipakai semua pengguna smartphone dari mancanegara. Berbeda dengan Sebangsa, jejaring sosial ini dibuat developer lokal, bahasa lokal dan hanya untuk pengguna lokal. Tersedia untuk pengguna Android dan iOS, Sebangsa menjadi aplikasi jejaring sosial yang istimewa. Berbeda dengan aplikasi sejenis, Sebangsa menawarkan sesuatu yang dekat dengan pengguna Tanah Air.


Karena kental dengan konten lokal, maka cara penggunaannya hingga bahasanya pun 'Indonesia Banget'. Lihat saja, bahasa di setiap navigasinya, ada tagar (tanda pagar), linimasa dan lain sebagainya. Malah, boleh dibilang pemilihan katanya bahasa Indonesia baku. Sebangsa, sesuai namanya tak sekedar dipakai untuk pengguna yang Sebangsa saja. Karena aplikasi ini menawarkan sesuatu yang belum diberikan oleh aplikasi jejaring sosial manapun, termasuk yang dari luar.

Sebangsa memang mirip Path dan juga gabungan dengan Twitter. Fitur linimasa yang mirip dengan Path memang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Seperti mengupload foto, status dan lain sebagainya. Bila sudah saling berteman, mereka bisa saling berkirim komentar atau sekedar mendukung (like) apa yang diunggahnya. Supaya adil, pengguna juga boleh menyatakan ketidaksetujuannya (dislike) atas postingan yang dibuat.

Pengguna Sebangsa juga tak sekedar menuliskan tulisan biasa saja. Mereka bisa memberikan informasi yang berguna untuk pengguna lain, melalui sejumlah fitur. Adapun fitur yang disediakan antara lain '911' dan '1800'. Di linimasa '911', pengguna dapat melihat postingan yang berkaitan dengan kejadian, seperti kecelakaan, pencurian atau bahkan pembunuhan. Di fitur Kirim Jaga-jaga, pengguna Sebangsa yang sedang berpergian, dapat mengirimkan kondisi real timedirinya ke anggota lain yang diinginkan. Misalnya, pengguna yang menggunakan taksi, dapat memperlihatkan nomor lambung taksi dan peta perjalannya. Sehingga pengguna lain yang diminta memantau, dapat melihat kondisi terakhir temannya sampai tujuan atau tidak.

"Sementara untuk fitur 'Kirim Pesan Panik', ya untuk berkirim pesan singkat dengan cepat bila pengguna merasa dalam bahaya ke anggota lainnya," tandas Enda.
Sebangsa sudah bisa didownload untuk pengguna iOS dan Android dan dapat juga diakses melalui web. Layanan ini masih terus dalam perbaikan untuk fitur yang lebih baik. Akhir tahun, Enda menjanjikan beberapa fitur baru akan disematkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar