Sabtu, 02 April 2016

10 Media Sosial Buatan Indonesia

Hai kali ini saya akan akan berbagi sebuah artikel yang pastinya ga akan bosen. Tidak hanya di luar negeri saya yang mempunyai sebuah situs jejaring sosial, di Indonesia sendiri banyak loh media sosial yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan semua orang. Kali ini saya akan berbagi info seputar media sosial buatan anak bangsa.
Indonesia makin mantab untuk memasuki era digital. Sebagai contoh kini banyak bermunculan para enterpreneur muda berbakat dibidang IT yang berhasil menjadi developer dari berbagai produk digital. Mereka inilah yang biasa disebut dengan Startup Digital. Salah satu contoh adalah pada layanan digital sosial media dan forum. Beberapa pengembang lokal telah berhasil membuat layanan sosial media maupun forum dengan tetap mengedepankan citarasa lokal. Dan berikut ini beberapa situs dan aplikasi sosial media karya anak bangsa :


  • Kaskus.co.id 
Kaskus adalah sebuah situs forum dan komunitas terbesar di Indonesia. Beralamat di www.kaskus.us pada awalnya, kemudian berganti menjadi www.kaskus.co.id. Hal ini dikarenakan pada awal dibuat, sang pendiri sedang menyelesaikan pendidikan di negeri Paman Sam sebelum akhirnya kembali ke Indonesia. Rasa rindu akan tanah air adalah alasan utama dibuatnya Kaskus, yang notabene difokuskan untuk sarana komunikasi antara sang pendirinya dengan para pelajar Indonesia launnya di USA. Kini Kaskus telah menjelma menjadi salah satu raksasa digital Indonesia. Di situs ini pengguna dapat berbagi informasi yang biasa disebut dengan thread. 


  • MindTalk

    MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif. Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India. Semoga berhasil!

  • Sebangsa

    Sebangsa.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya. Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.
  • Fupei
Fupei merupakan singkatan dari Friend Uniting Program Especially Indonesia bisa dikatakan salah satu jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Terdapat beragam fasilitas yang beragam yang tidak kalah dari website-website luar. Fupei punya sekitar 80.000 pengguna.

  • Indoface

Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat. Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.

  • Kombes

Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.

  • Kwikku

Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing. Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.
  • Koprol
Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo!. Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama user-nya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check-in dan melihat user lainya yang ada di lokasi yang sama.
  • Friendster
Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View,California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.
  • Saling Sapa
SalingSapa adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web bernuansa Islami. SalingSapa dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan, seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP). SalingSapa dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya. Berbeda dengan Facebook, SalingSapa tidak memberikan batasan usia untuk mendaftarkan diri, karena konten SalingSapa dimoderasi dan aman untuk diakses oleh siapa saja. Keberhasilan Yahya dalam mengembangkan situs jejaring sosial ini telah menghasilkan fenomena yang luar biasa. Selain mempopulerkan namanya sebagai pengembang layanan jejaring sosial termuda, SalingSapa juga telah mengantarkannya menjadi salah satu penceramah dalam kuliah umum di Institut Teknologi Bandung. Kuliah umum pada 11 Februari 2011 itu dihadiri oleh siswa-siswi SMP dan SMA di kota Bandung dan juga dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D., Ruby Alamsyah, Enda Nasution, dan Roy Suryo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar