Sabtu, 02 April 2016

MINDTALK

Awalnya MindTalk adalah proyek pribadi dari Robin Ma’rufi dan konsepnya sebenarnya simpel, bagaimana menghadirkan MIRC dalam versi website. Sebelum berubah menjadi MindTalk, jejaring sosial ini bernama Digaku. Pada perkembangannya, Digaku mengalami penambahan fitur-fitur baru: profil yang lebih detail, points, upload video, like, dst. hingga menjadi seperti saat ini dan menggunakan nama MindTalk.com Dari ide dan konsep tersebut, Robin kemudian mendirikannya bersama Danny Oei Wirianto, salah satu pemegang saham Kaskus.co.id. Mindtalk merupakan startup di bawah naungan PT Merah Putih Incubator. Jejaring sosial ini menggunakan istilah asing, karena sejak awal ditargetkan untuk masuk pasar global. Media sosial ini berangkat dari fakta bahwa orang Indonesia gemar berkomunitas dan membentuk forum. Sayangnya, dalam forum anggota biasanya tidak bisa membentuk sendiri subforum karena otoritas tersebut dipegang oleh administrator. Selain itu menurut Danny, bentuk forum yang didominasi dengan teks terasa membosankan. Awal kemunculannya, MindTalk.com hanya menggunakan versi beta, dan hanya bisa diakses menggunakan personal computer (PC). Situs yang mengandalkan teknologi cloud, dipadukan dengan pemakaian server dari provider server dalam negeri, mindtalk.com ingin melebarkan sayapnya ke versi mobile.

MindTalk.com adalah salah satu besutan baru dari Merah Putih Incubator (MPI) (grup yang menaungi DailySocial.net, InfoKost.net, KrazyMarket.com, LintasBerita.com, dst). Aplikasi Mindtalk ini telah dihadirkan pada platform AndroidiPhoneBlackBerryWindows Phone,. Aplikasi ini juga telah terpasang secara pre-installed di perangkat Nokia AshaLumia 610 dan 510, serta Polytron Android. Untuk desktop, Mindtalk dapat diakses melalui semua browser, juga tersedia dalam bentuk aplikasi di Google Chrome Web Store.
Mindtalk yang berkantor di Jakarta dan Yogyakarta ini dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan akan sebuah ruang berbagi bersama di mana di dalamnya mereka dapat membagikan apa yang sedang mereka pikirkan secara mudah dan cepat. Di sini orang-orang dapat berkumpul di satu ruang ketertarikan bernama channel dan dapat membagikan ide-ide mereka dalam bentuk foto, video maupun artikel secara mudah.
Mindtalk adalah start up lokal yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi kesenangan dan minat dengan pengguna lain. Berkumpul dengan ketertarikan yang sama untuk membicarakan minat dan hobi yang sama. Bisa digunakan sebagai ajang diskusi, berbagi ilmu atau untuk mengikuti minat yang lain. Berbagai fitur layanan sosial media semuanya dirangkum disini. Kita bisa ikut membicarakan sebuah "channel" khusus layaknya di MIRC, dengan pencarian melalui tagar "#" layaknya di Twitter, notifikasi layaknya di Facebook, berdiskusi layaknya di Forum atau Mailing list.

Layanan-layanan tersebut akan handir dan bisa dinikmati mulai hari ini. Karena, social channel tersebut resmi launching versi release rencananya aka diresmikan sore nanti. Icon dari Mindtalk sendiri terlihat seperti sebuah "otak" yang ditengahnya terdapat pertanyaan pembuka layaknya di facebook "Apa yang anda pikirkan?" di Twitter : Apa yang sedang terjadi?" di Mindtalk anda akan diberikan pertanyaan " Apa yang anda sukai?".

Kelebihan MindTalk

  • Sebagai forum yang dinamis, user dapat membuat kategori sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan.
  • Stream yang terdapat pada setiap kategori dapat bertautan dan berhubungan dengan kategori lain yang ditandakan dengan hashtag (#).
  • MindTalk memiliki sistem notifikasi yang realtime.
  • Berbagi file media menjadi sangat mudah seperti halnya copy dan paste.
  • Setiap user berpotensi menjadi admin pada kategori-kategori yang ada.

Kekurangan MindTalk

  • Tidak Friendly dengan user atau pemakai.
  • Postingannya belum terstruktur.
  • Kualitas gambar dan video yang tidak terlalu bagus.
  • Kolom utama pada postingan terlalu besar, sehingga tidak terlalu banyak berita yang dilihat.

Arsitektur MindTalk

  • Kata channel biasa digunakan dalam IRC, dan ini juga digunakan dalam MindTalk.
  • Dalam MindTalk, channel diibaratkan seperti rumah yang dihuni oleh orang-orang dari berbagai asal.
  • Dalam forum, ini seperti halnya sub-forum.
  • Dalam channel juga terdapat beberapa atribut seperti : Founder, user dan posting.
  • User dapat membuat channel seperti yang biasa dilakukan pada IRC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar