Sabtu, 02 April 2016

KWIKKU

Media sosial yang dibuat oleh dua mahasiswa asal Universitas Islam Negeri Muhammad Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), Ifa Alif dan Hamdi Musaad ini sangat variatif dengan berbagai fitur yang ada didalamnya. Lalu seperti apakah media sosial yang muncul dengan beragam fitur khas Indonesia ini? Berikut ulasannya.


  • Awal Mula Ide dan Proses Penggarapan

Sumber daya di Indonesia cukup memenuhi syarat untuk membuat #media sosial yang besar. Saat melihat kondisi Indonesia yang hanya menjadi salah satu pengguna terbesar jejaring sosial buatan asing maka para founder Kwikku tergerak untuk membuat jejaring sosial. Inilah awal pertama kali ide membuat Kwikku terbentuk.

Di lain hal, saat membuat Kwikku Ifa ingin memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia untuk mengikuti jejaknya membuat produk serupa. Sebenarnya pada tahun 2009, ide membuat Kwikku mulai nampak saat Hamdi mengupload scan cerita komik ke website micro-blogging miliknya.

Dari sana ternyata banyak pengunjung yang datang dan menyukai konten di website micro-blogging tersebut. Nah, karena hal itulah, Hamdi kemudian termotivasi untuk membuat #website-nya berkonsep jejaring sosial. Setelah melakukan persiapan, pada bulan November 2013 website tersebut akhirnya resmi beralih menjadi jejaring sosial.


  • Fitur Kwikku

Seperti layaknya media sosial, pengguna Kwikku bisa melakukan update status. Namun selain update status, pengguna Kwikku juga dapat menggambar, foto, video, catatan, peta, dan menulis artikel. Dengan banyaknya fitur yang ada, Kwikku bisa menjadikan penggunanya lebih produktif dengan fitur yang disediakan.

Di Kwikku, pengguna dinilai berdasarkan Popularitas. Maksudnya apapun yang di upload pengguna akan diapresiasi dengan sebuah penilaian melalui Rate, Token, dan juga Like. Saat pengguna telah mencapai nilai yang tinggi, maka mereka bisa menikmati layanan secara Pro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar